Remember Our Saints: Sta. Maria Magdalena

Selasa, Juli 22, 2008

Ini wanita yang banyak dibicarakan akhir-akhir. Siapa sesungguhnya dia? Apa hubungannya dengan Yesus? Jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu menimbulkan kontroversi.

Hari ini Gereja Katolik dalam liturginya memperingatinya sebagai seorang Santa. Ya, hari ini peringatan Santa Maria Magdalena. Sekelumit riwayat tentang sosok kudus ini.

Maria Magdalena dibebaskan oleh Yesus dari pengaruh roh jahat. Ia lalu menjadi murid dan pengikut Yesus, dan hadir ketika Yesus wafat di kayu salib (Mat 27:56). Pada hari Paskah, pagi-pagi buta, Maria Magdalena-lah yang pertama melihat penebus kita, Yesus, yang sudah bangkit dari alam maut (Mat 28:1-8).

Renungan singkat untuk peringatan ini: Kita seringkali mengeluh di bawah beban kelemahan dan kemiskinan kita. Jangan kita lupa bahwa cinta kasih akan Kristus dapat mengubah hidup kita. Kita semua, siapa saja, dipanggil untuk menjadi saksi Kristus yang telah bangkit.

 

(Sumber: Anggota Keluarga Allah, Kanisius, 1974)

 

p.s. Remember Our Saints ini akan diposting sesuai dengan hari-hari Orang Kudus dalam Gereja Katolik. Isinya riwayat hidup dan renungan singkat. Tujuannya: (1) menambah pengetahuan kita akan para Kudus tersebut; (2) kita belajar sesuatu dari kisah hidup mereka dan dijadikan pegangan dalam hidup sehari-hari; (3) siapa tahu ada yang sedang mencari nama, pakailah nama Santo-Santa sehingga menjadi pelindung pribadi yang mendoakanmu/nya di surga, daripada nama pemain bola yang kenal pun tidak.

0 komentar: