'CLiG-spiration: Alasan di Balik Kegagalan

Rabu, Juli 23, 2008

Bila Anda mencari alasan untuk sebuah kegagalan yang baru dialami, Anda bisa menemukannya. Biasanya dengan mudah. Berjuta-juta pula, jika mau. Namun, alasan tetaplah alasan. Ia takkan merubah kegagalan menjadi keberhasilan. Kerapkali, alasan sama saja dengan pengingkaran. Semakin banyak menumpuk alasan, semakin banyak pengingkaran dalam diri kita. Ini menjauhkan Anda dari keberhasilan; sekaligus melemahkan kekuatan diri sendiri. Berhentilah mencari-cari alasan untuk menutupi kegagalan.

Belajarlah dari penambang yang tekun mencari emas. Ditimbanya berliter-liter tanah keruh dari sungai. Ia saring lumpur dari pasir. Ia sisir pasir dari logam. Tak jemu ia lakukan sampai menemukan butiran emas yang berkilauan. Begitulah semestinya Anda memperlakukan kegagalan. Kegagalan itu seperti pasir keruh yang menyembunyikan emas. Bila Anda terus berusaha, tekun mencari perbaikan di sela-sela kerumitan, serta berani menyingkirkan alasan-alasan, maka Anda akan menemukan cahaya kesempatan. Mencari-cari alasan, sama saja dengan membuang pasir berikut emas yang terkandung di dalamnya.

 

(From: N.N)

1 komentar:

{ Abe } at: 23/7/08 1:39 PM mengatakan...

Hi there..
kl bole saya quote kata2 dari Rm. Jan (seorang Romo Senior di Paroki Stella Maris) "Jangan Gampang2 alasan!". mungkin ini yg beliau maksud. manusia pada dasarnya egois, gengsi dan keras kepala, jadi pada saat melakukan kesalahan dia akan mencari semua alasan yg memungkinkan utk membenarkan dirinya sendiri. satu contoh yg paling simple, si A sampai di ktr kesiangan, dan di tegor sama boz. alasannya "Ban mobil bocor.. macet bgt.. mbl saya diserempet bajaj". sebenarnya kan si A bs berangkat agak pagi, jd kl ban mbl bocor masi sempat tubles, masi bs melewati macet, dan gak perlu nyetir terburu-buru sampe nyerempet bajaj (kasian kan bajaj, dah orange, penyok2, abangnya gendut, kepanasan, kringetan disalahin melulu pula!). Pendapat saya, apakah tidak lebih baik kita menyadari kesalahan itu, mempelajari dan kemudian berusahan utk tidak mengulangi kesalahan yg sama.. saya rasa manusia akan menjadi individu yg lebih baik dan dunia ini akan menjadi tmp yg lebih baik untuk smua penghuninyah.