Remember Our Saints: St. Yakobus, Rasul

Jumat, Juli 25, 2008

Hari ini dalam liturgi Katolik ada pesta; Pesta Santo Yakobus, salah satu dari ke-12 rasul, murid-murid pertama Yesus. Siapakah dia?

Yakobus, Putera Zebedeus, seorang nelayan yang berasal dari Betsaida di Galilea. Yesus memanggil Yakobus bersama saudaranya, Yohanes, dan menyebut mereka "anak-anak guruh" karena sifat mereka yang keras dan semangatnya yang berapi-api (Mrk 3:17). Namun Yesus amat menyukai mereka, dan mengistimewakan mereka bersama Petrus di atas rasul-rasul lain. Mereka bertiga itu hadir ketika Yesus menghidupkan Puteri Yairus (Mrk 5:22-43). Mereka bertiga saja yang menyaksikan kemuliaan Yesus di gunung, dan yang paling dekat pada Yesus waktu Ia berdoa di kebun Zaitun. Setelah wafat dan bangkitnya Yesus, Yakobus melanjutkan pewartaan Injil ke mana-mana. Akhirnya, sekitar tahun 42, Yakobus dibunuh dengan pedang atas perintah Herodes Agripa. Rasul Yakobus secara istimewa dihormati di Kompostela di Spanyol.

Berita baik dari kisah Rasul Yakobus ini adalah Tuhan memanggil kita, tidak peduli, bagaimanapun sifat dan kepribadian kita: mau lemah lembut atau kasar, sabar atau emosional, pendiam atau cerewet, asal-asalan atau perfeksionis. Faktanya dengan kepribadian kita yang unik itu Ia menyalurkan kasih-Nya kepada orang-orang lain. Tinggal kitanya sendiri mau jawab "ya" atau "tidak". Selamat berbuat baik hari ini.

(Sumber: Anggota Keluarga Allah, Kanisius, 1974)

0 komentar: