Remember Our Saints: St. Leo Agung

Senin, November 10, 2008

Tanggal 10 November, hari ini, kita memperingati Santo Leo Agung, seorang Paus dan pujangga Gereja. Bagaimana kisah hidupnya?

 

Leo lahir dekat Roma. Waktu ia diutus ke Perancis pada tahun 440, ia dipilih menjadi Paus. Ia hidup dalam suatu masa penuh pegolakan. Suku-suku bangsa dari utara menyerang Roma, dan ajaran-ajaran sesat mengancam kesatuan Gereja di Timur Tengah. Sebagai seorang gembala yang baik, ia memperhatikan nasib umatnya. Dengan bahaya bagi hidupnya sendiri, Paus Leo menghadap panglima Atila dan membujuk dia untuk tidak menyerang kota Roma. Dan waktu Roma kemudian dirampok tentara lain, banyak orang selamat berkat usaha paus Leo Agung. Pada konsili di Kalsedon, ia berhasil memulihkan kembali kesatuan Gereja. Ia meninggal dunia pada tanggal 10 November 461, sesudah memimpin Gereja selama dua puluh satu tahun.

 

Pada setiap masa Gereja menghadapi pelbagai soal dan kesukaran. Tentulah para paus berusaha memecahkannya sedapat mungkin. Tetapi kita juga pada tempat dan dengan cara kita masing-masing bertanggung jawab terhadap keselamatan Gereja. Apakah kita bertindak sesuai dengan tanggung jawab itu?

 

(Dari: Anggota Keluarga Allah, Kanisius, 1974)

 

0 komentar: