Puas

Jumat, November 14, 2008

Baru-baru ini saya menyadari hal ini: sesungguhnya tidak ada sesuatupun di dunia ini yang benar-benar bisa memuaskan kita. Puas yang Anda dapatkan saat itu bukanlah akhir dari cerita. Sebaliknya itulah awal yang baru untuk sesuatu yang lain lagi.

 

Saya pernah benar-benar menginginkan sebuah buku (saya membaca resensinya, katanya "must read" di sebuah situs internet). Setelah lama menunggu, akhirnya nongol juga di toko buku. Mahal. Tapi saya beli juga. Tentu saja puas. Tapi itu hanya sebentar. Buku lain lagi dengan segera menarik perhatian saya.

 

Seperti buku itu, begitu pulalah hal-hal yang lain: menginginkannya setengah mati, irit mati-matian untuk mendapatkannya dan setelah ada dalam genggaman tangan…. Yang lain lagi sudah siap-siap menarik perhatian.

 

Kita tidak pernah benar-benar puas. Kalaupun puas dengan apa yang kita miliki saat ini, itu hanyalah sementara. Yang lain lagi datang dan menggoda kita. Lalu yang kita punyai tidak lagi menarik. Perburuan berikutnya dimulai lagi.

 

Barangkali memang kita ini makhluk yang susah terpuaskan.

 

Inilah cikal bakal kerakusan, perselingkuhan dan kejahatan yang lain.

0 komentar: