Remember Our Saints: St. Fransiskus Xaverius

Rabu, Desember 03, 2008

Hari ini, tanggal 03 Desember, peringatan Santo Fransiskus Xaverius, seorang imam dan oleh Gereja diangkat sebagai pelindung karya misi.

Fransiskus Xaverius lahir di Spanyol pada tahun 1506. Pada umur Sembilan belas tahun ia belajar di Paris dan bersahabat dengan Ignatius dari Loyola (seorang Santo). Maka pada tanggal 15 Agustus 1534 mereka dengan beberapa teman lain mempersembahkan diri kepada Allah. Terbentuklah inti yang kelak berkembang menjadi Serikat Yesus (SJ). Mereka lalu pergi ke Roma dan menawarkan jasa mereka kepada Paus. Di situ pada tahun 1537 Fransiskus Xaverius ditahbiskan menjadi imam. Empat tahun kemudian ia berangkat ke Asia sebagai misionaris. Sepuluh tahun lamanya ia bekerja di Goa, Sri Langka, Indonesia, dan Jepang. Waktu hendak masuk Tiongkok ia meninggal dunia di pulau Sancia, pada tanggal 3 Desember 1552. Paus Pius XI menyatakan dia sebagai pelindung karya misi bersama Santa Teresia dari Lisieux.

Fransiskus Xaverius mewartakan Injil di daerah-daerah baru dan merintis jalan bagi misionaris lain. Kita juga dipanggil untuk mewartakan Injil kepada orang lain. Tidak selalu perlu dicari daerah baru. Injil ini dapat kita wartakan juga di daerah kita sendiri, di dalam keluarga kita masing-masing.

(Sumber: Anggota keluarga Allah, Kanisius, 1974)

0 komentar: