Remember Our Saints: Santo Kornelius dan Santo Siprianus

Selasa, September 16, 2008

Tanggal 16 September, hari ini, peringatan wajib Santo Kornelius, paus, dan Santo Siprianus, uskup, martir.

Kornelius menjadi uskup Roma pada tahun 251. Mula-mula sebagian umat tidak mau mengakui dia, sebab menganggap dia kurang tegas terhadap orang Kristen yang murtad waktu penganiayaan. Tetapi dengan pertolongan Siprianus, Kornelius berhasil mengatasi perlawanan itu. Tahun 253 ia wafat sebagai martir di pembuangan. Jenazahnya kemudian dibawa ke Roma dan dikebumikan di sana.

Siprianus lahir di Kartago dari keluarga kafir sekitar tahun 210. Setelah bertobat, ia menjadi imam, dan pada tahun 249 dipilih sebagai uskup Kartago. Pada masa penuh pergolakan itu ia amat baik memimpin umatnya dengan tindakan dan tulisan. Pada masa kaisar Valerius ia disuruh meninggalkan kota, dan pada tanggal 14 September 258 Siprianus mati sebagai martir.

Kornelius dan Siprianus percaya kepada Kristus dengan segenap hatinya, dan bersedia mempertaruhkan nyawanya demi imannya. Apakah kita rela berjuang guna mempertahankan iman di tengah kesukaran hidup sehari-hari?

(Sumber: Anggota Keluarga Allah, Kanisius, 1974)

P.S: Buat teman-teman MRC, "A Nice Cold Bear"-nya udah nyampe. Thanks ya untuk dukungan dan doa-doanya. Tetap semangaaat… Saya dukung dengan doa dari sini, from Pineleng with love.

0 komentar: