Jadilah Lebih ...

Jumat, Agustus 28, 2009

Apa maksud Yesus dalam perumpaan tentang lima gadis bodoh (yang tidak membawa minyak cadangan buat obornya) dan lima gadis bijaksana (yang membawa minyak cadangan) dalam Mat. 25:1-13?

Saya suka kotbah romo tadi pagi dalam perayaan ekaristi. Ia berusaha menjawab pertanyaan di atas. Penjelasannya hanya lima menit saja! Rasanya kurang dari itu. Tiba-tiba saja sudah berakhir. Tetapi sangat menggerakkan.

Begini menurut beliau.  Jika Anda bisa berbuat lebih dalam hidup ini, buatlah lebih. Dan dengan maksimal. Dengan segenap hati, kemampuan, kekuatan, pikiran dan apapun yang Anda miliki. Dalam apapun yang Anda lakukan sekarang ini, buatlah lebih. Sama seperti gadis-gadis yang bijaksana yang sekalipun tidak diminta mengantisipasi apa yang terjadi kemudian dengan membawa minyak cadangan. Mereka menyiapkan diri. Mereka mengantisipasi masa depan. Mereka tidak setengah-setengah menanggapi kesempatan. Mereka memilih berbuat lebih. Dan, lihat, ganjaran yang mereka peroleh: mereka diperbolehkan masuk dalam perjamuan.

Jadilah lebih sabar. Jadilah lebih murah hati. Jadilah lebih pemaaf. Jadilah lebih mencintai biarpun terluka. Jadilah lebih rajin. Jadilah lebih fokus. Jadilah lebih disiplin. Jadilah lebih pendoa. Jadilah lebih giat bekerja. Jadilah lebih mendengarkan. Jadilah lebih mengontrol diri. Jadilah lebih pengertian. Jadilah lebih…

Anda akan memperoleh ganjaran yang setimpal. Bahkan lebih dari yang Anda harapkan.

Amin.