Siapa Nama Security di Kantor Anda?

Rabu, Oktober 08, 2008

Pernah menemukan pertanyaan "aneh" di kertas ujian anda? (Aneh maksudnya bahan yang disiapkan apa pertanyaannya apa).

JoAnn C. Jones, seorang penulis, menceritakan kisah nyata pengalamannya sehubungan dengan ujian dan pertanyaan "aneh".

Pada bulan kedua di sekolah keperawatan, dosen saya memberikan ujian dadakan. Dulu saya adalah seorang mahasiswa yang teliti dan karena itu saya membaca cepat semua pertanyaannya, sampai saya membaca yang terakhir: Apa nama depan perempuan yang membersihkan sekolah ini?

Pasti ini hanya lelucon. Saya telah melihat perempuan itu beberapa kali. Dia tinggi, berambut hitam dan berumur lima puluhan, tapi bagaimana mungkin saya tahu namanya? Saya menyerahkan kertas jawaban saya, meninggalkan pertanyaan terakhir itu tak terjawab.

Sebelum kelas berakhir, salah seorang mahasiswa bertanya apakah pertanyaan terakhir itu akan ikut menentukan nilai. "Tentu saja", kata dosen kami itu.

"Dalam karier kalian, kalian akan bertemu dengan banyak orang. Semua orang itu penting. Mereka pantas mendapatkan perhatian dan kepedulian kalian, walaupun yang kalian lakukan hanya menyapa dan tersenyum kepada mereka."

Saya tak pernah melupakan pelajaran itu. Akhirnya saya tahu juga nama perempuan itu, Dorothy.

Berbeda dengan Joann C. Jones, suatu malam, saya pernah bercerita dengan security yang bertugas menjaga kompleks gereja Stella Maris Pluit.

"Kalo ada umat yang tanya sama saya 'pak, keluarganya gmn? Anaknya sehat-sehat?' rasanya gimana gitu. Perhatiannya kok segitu amat. Saya suka tersentuh frat. Orang kayak kita ini masih diperhatiin juga".

Glek.

Saudara-saudariku, tentu saja ada banyak tantangan untuk peduli (paling sederhana tahu namanya dan menyapanya) pada orang-orang kecil di sekitar kita. Tantangan itu bisa berupa "ngapain sih?' dari rekan kerja atau malah pasangan.

Tetaplah peduli. Karena "apa yang kau perbuat untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina, itu Kau lakukan untuk Aku".

Berbelas kasihlah. Rasanya damai banget.

Ngomong-ngomong, siapa nama security di kantor Anda?

0 komentar: