Asusila

Senin, Agustus 18, 2008

Santai saja. Hari ini saya hanya ingin bicara tentang hal-hal gak penting. Ini tulisan remeh-temeh.

Saya sudah lama tahu kalau dalam bahasa Indonesia ada kata "gaul". Sejauh ini, paling tidak sebelum sebulan yang lalu, setahu saya gaul artinya ada beberapa: gampang bersosialisasi, banyak teman (bila perlu dari segala usia) dan terbiasa mengikut tren terkini. Karena itu ada romo yang sering disebut-sebut gaul, padahal rambutnya tidak dicat pirang dan celananya bukanlah Levi's.

Nah, sebulan yang lalu, tepatnya di dalam sebuah metromini jurusan Manado, saya mendengar arti baru dari gaul dari mulut seorang ibu setengah baya. Bukan arti sebenarnya, lebih tepatnya kepanjangan. (saya baru tahu kalau gaul itu ternyata juga sebuah singkatan sama seperti TNI). GAUL itu singkatan dari GAgal Urus Laki.

"Kreatif amat," batin saya terkagum-kagum.

Tentu saja. Lebih sibuk mengikuti tren akibatnya bisa gagal bukan hanya urus laki tapi juga ini dan itu yang lain. Yang tidak jelas adalah apakah si ibu termasuk yang gaul (gagal urus laki).

Hal lain lagi. Seandainya ini permainan asosiasi kata, apa yang muncul di pikiran Anda pertama kali ketika mendengar kata "setia"?

Kalau saya, biasanya yang muncul adalah "satu". Karena setia untuk saya berarti tidak ada yang kedua, dst. Setia sendiri secara sederhana terkait dengan sikap, loyal, teguh, taat, patuh.

"Frater, setia itu sebetulnya singkatan, bukan kata sifat," begitu kata seorang teman tiga tahun yang lalu.

"Masa sih?"

"Iya, SETIA itu kepanjangannya SEtiap TIkungan Ada."

Saya hanya geleng-geleng kepala waktu itu. Lama setelah percakapan itu saya tahu dia benar. Tidak mudah untuk setia di zaman sekarang. Tidak mudah untuk puas hanya dengan satu. Lagipula, kalau bisa dua kenapa mesti satu?

Saudara-saudari, saya tidak sedang meminta Anda untuk waspada kalau cowok yang Anda taksir menyebut dirinya tipe yang setia.

Tahukah Anda arti dari kata asusila? Ya, itu berarti perbuatan tidak bermoral. Atau dalam bahasa kita, perbuatan dosa.

Dua minggu lalu, saya terkejut karena membaca asusila itu ternyata bukan lagi kata sifat yang artinya demikian.

Asusila itu singkatan: Asal SUka SILAhkan.

Saya mengatakan tulisan ini tentang remeh-temeh yang gak penting. Tapi sebetulnya kelihatannya saja. Karena sesungguhnya yang remeh-temeh dan tidak penting ini memperlihatkan kenyataan.

Ngomong-ngomong, Anda tipe GAUL, SETIA atau ASUSILA?

Saya yakin Anda pasti orang baik.

0 komentar: