Mendengarkan 'Billionaire' Selama Tiga Hari

Selasa, Mei 24, 2011

Saya tidak ingat persis kapan kebiasaan ini dimulai.

Agak aneh.

Saya bisa mendengarkan satu lagu dan hanya satu lagu (!) selama waktu tertentu. Lagu yang sama saya putar berulang-ulang. Waktu tertentu itu bisa seharian, seminggu bahkan ada yang sampai dua minggu penuh.

Dan sesudah kurun waktu tertentu itu saya kehilangan minat terhadap lagu tersebut.

Lagu itu seperti misalnya, What A Wonderful World-nya Louis Armstrong (dua minggu).

Listen To Your Heart-nya Roxette (satu malam).

One Day At A Time-nya Lynda Randle (lebih lama, tiga minggu).

Ordinary People-nya John Legend (satu minggu).

Billionaire-nya duet Travie McCoy dan Bruno Mars (tiga hari, termasuk menghafal liriknya dan menyanyi di kamar mandi).

Sekarang, Poker Face-nya Lady Gaga (mulai kemarin).

Dua hari yang lalu kebiasaan yang aneh ini mendapatkan penjelasan yang masuk akal.

Seseorang menerangkan kepada saya bahwa lagu-lagu itu menimbulkan perasaan senang, bahagia, optimis, penuh harapan dan peneguhan.

Lagu-lagu itu, katanya, pemicu kegembiraan (trigger of joy). Itulah sebabnya, "Kamu bisa mendengarkannya berulang-ulang".

Menurutnya, tiap-tiap orang memiliki pemicu kegembiraan. Untuk saya, pemicu itu lagu.

Untuk dia, melihat foto-foto anak-anaknya waktu kecil (beliau memiliki dua orang putrid yang kini berusia 19 dan 21 tahun). Foto-foto itu memicu kegembiraan dalam dirinya.

Mengapa hanya foto-foto tatkala mereka masih bayi? "Waktu itu mereka sedang lucu-lucunya dan belum banyak menimbulkan masalah seperti sekarang" alasannya.

Beliau menyarankan agar saya memulai hari dengan mendengarkan lagu yang bisa memicu kegembiraan.

"Selalu lebih baik memulai hari dengan perasaan gembira dan optimis" pesannya.

Baiklah.

Apa pemicu kegembiraan dalam diri Anda?

P.S: Saya lupa menanyakan kepada beliau, mengapa saya tergila-gila dengan Billionaire selama tiga hari?