Mati-Matian atau Setengah Hati

Jumat, Agustus 20, 2010

Ada baiknya kita bertanya kita bertanya pada diri sendiri, manakah yang lebih penting antara bisnis, karier, uang dan keluarga? Bila jawaban Anda adalah keluarga, maka mungkin tulisan di bawah ini adalah sesuatu yang perlu direnungkan.

Setelah kita belajar tentang bagaimana memulai bisnis, bagaimana meningkatkan karier, dan bagaimana mengembangkan uang, sudah cukupkah kita belajar tentang pasangan kita, sudahkah kita belajar mengatasi tantangan yang akan timbul dalam rumah tangga?

Sewaktu bisnis akan jatuh, apa yang akan kita lakukan? Kita akan mati-matian mengupayakan untuk bisa bangkit, kita menginvestasikan waktu lebih lama di kantor, tenaga dan pikiran juga kita curahkan sepenuhnya. Tidak jarang kita membayar konsultan untuk memberi ilmu yang akan membantu bisnis agar terselamatkan.

Namun apakah kita akan berbuat hal yang sama bila itu terjadi di dalam keluarga? Bila hubungan mulai retak, apakah kita akan lebih lama tinggal di rumah atau merencanakan bulan madu yang kedua? Akankah kita mencurahkan tenaga dan pikiran lebih banyak pada hubungan kita? Akankah kita memanggil seseorang dan belajar kepadanya apa yang harus kita lakukan?

Hmmm, something to think about? (Gobind Vashdev, Happiness Inside, hlm. 48-49).