Opa dan Oma Favorit

Rabu, Desember 07, 2011

Kepada seseorang bercerita tentang anggota keluarganya yang akan mencapai usia 1 abad tahun depan, Romo pemimpin kami bertanya singkat, “Does he age gracefully?

Ah, frase itu lagi: age gracefully.

Saya membaca dan mendengar frase itu di sini dan di sana.

Tetapi saya ingin tahu pendapat beliau tentang frase ini.

So Father, age gracefully, what does it mean?” tanya saya, setelah kami menyelesaikan santap malam bersama (pernahkah Anda perhatikan? Penjelasan yang kita berikan setelah perut terisi jauh lebih baik daripada sebelumnya).

Age gracefully, menurut beliau, adalah “Do you have favorite grandfather or grandmother?

Saya mengangguk.

Saya menyukai mereka, kata beliau, karena pada usia tuanya mereka menunjukkan cinta dan kehangatan kepada anak-anak dan cucu-cucunya.

“Tentu saja mereka memiliki kelemahan dan masalah di sini dan di sana”.

Tetapi, umumnya, mereka tidak bertingkah kekanak-kanakan atau seperti remaja labil.

Mereka menerima kenyataan bahwa usia mereka tidak lagi muda. Mereka bahagia dengan kenyataan itu.

Mereka menikmati masa tuanya dengan menyalurkan cinta kepada anaknya dan cucunya dan orang-orang di sekitarnya.

Mereka tidak menyulitkan anak-anak dan cucu-cucunya dengan tindakan mereka.

Mereka tidak mempermalukan anak-anak dan cucu-cucunya dengan kelakuan mereka.

Saya mengangguk lagi, mengerti penjelasan beliau.

“I want to age gracefully, too” kata beliau.

Saya juga, Romo.

0 komentar: