Yup, Tuhan Berhutang Kepada Anda

Sabtu, Februari 05, 2011

Beberapa kali saya ditanyai umat, "Di Seminari Tinggi tuh belajar apa aja sih frat?"

Kalau Anda juga mau tahu, ini jawabannya: kebanyakan Teologi dan Filsafat. Sedikitnya? Mata kuliah Bahasa Indonesia, antara lain, selama dua semester di tahun pertama.

Bahasa Indonesia? Serius. Ini mata kuliah wajib yang harus diambil oleh semua mahasiswa. Pihak Seminari ingin memastikan para frater bisa dan mampu berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Saya ingat, pernah dalam salah satu kuliah Bahasa Indonesia ini, seorang teman yang duduk paling depan bertanya kepada dosen yang sedang mengajar.

Bukannya langsung menjawab, sang dosen malah mengedarkan pandangannya ke seantero ruang kuliah dan berkata, "Tenang, tenang, ada pertanyaan bodoh".

Sekarang, saya juga ingin mengajukan pertanyaan bodoh kepada Anda. Mengapa Anda harus menolong mereka yang lemah dan miskin?

Saya tahu. Saya tahu. Anda sudah tahu jawabannya. Itu perintah Tuhan, ada di dalam Kitab Suci, bla-bla-bla.

Tetapi karena tidak terlalu jelas apakah Anda tahu persis di dalam Kitab Suci sebelah mana itu tertulis, saya ingin menunjukkannya.

Di dalam Kitab Amsal tertulis, "Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi TUHAN, yang akan membalas perbuatannya itu" (19:17).

Anda menyadari apa maksudnya?

Saya sendiri terkejut waktu membaca dan menyadari arti ayat ini.

Jika kita berbuat baik kepada mereka yang tidak mampu membalas kebaikan kita, itu sama dengan kita memberi pinjaman kepada Tuhan.

Jika kita berbuat baik kepada mereka yang tidak mampu membalas kebaikan kita, Tuhan berhutang kepada kita.

Tuhan sendirilah yang akan membayar hutang-Nya kepada kita dengan berkat-berkat-Nya.

Bayangkan. Setiap kali Anda menolong mereka yang tidak mampu membalas kebaikan Anda, itu sama dengan Anda memberi pinjaman kepada Tuhan.

Bayangkan. Tuhan berhutang kepada Anda.

Dia pasti akan melunasi hutang-Nya dengan senang hati. Tebakan saya, mungkin dengan bunganya pula.

Bayangkan. Tuhan berhutang kepada Anda.

Wow…