Apa yang Dibutuhkan Anak Panti Asuhan?

Kamis, Juni 11, 2009

"Kamu telah memperoleh dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma" (Mat. 10:8)

Apa yang dibutuhkan anak-anak di panti asuhan?

Pada waktu dan tempat yang tak terduga kita akan tertumbuk pada kenyataan bahwa apa yang kita kira bisa diperoleh dan diberikan oleh setiap orang dengan cuma-cuma ternyata bagi orang lain itu kemewahan. Dan kenyataan seperti itu bisa menusuk ulu hati. Kabar baiknya adalah persepsi kita tentang hidup bisa berganti.

Seorang teman mengalaminya di sebuah panti asuhan. Ia berbaik hati menuliskannya dan mengirimkannya kepada saya. Saya mengutip sepotong penting (tanpa merubah kalimatnya) untuk Anda karena saya merasa pengalaman berharga dan berahmat ini tidak bisa saya simpan sendiri. Selamat terinspirasi.

Di box ini.. ada 1 bayi.. sekitar 7 bulanan.. cewe..rambutnya jabrik2.. dari wajahnya terlihat dia sedikit berbeda dari anak2 yang lain.. kalo boleh sedikit menyimpulkan.. mungkin dia menderita down sindrom.. anak ini.. cantik.. matanya jernih dan kyknya 'berbicara' gt.. alisnya baguuss.. bulu matanya lentik.. n dia ngeliatin saya waktu saya datangi... n otomatically saya gendong dia...

Tiba2.. salah satu perawat mereka bilang kalau dia tidak boleh digendong.. jadi saya kembalikan dia ke boxnya.. situasinya saat itu.. seakan dia tau akan dilepaskan dari pelukan.. dia langsung ngamuk.. dan bahkan mengembalikan dia ke dalam box agak susah.. takut kepalanya keseleo gt.. setelah berhasil mengembalikan dia ke boxnya.. dia bener2 nangis.. dan itu SANGAT MEMILUKAN.. dari matanya, tangisannya dan gerakan tubuhnya.. dia seakan bicara.."hey,aku dipeluk dunk.. disayang dunk.. or at least pegang aku..aku mau disayang" at that moment.. i'm speechless.. n ternyata air mata susah di tahan... entah apa bisa jelasin situasi saat itu dengan benar.. cuma rasanya sakiiiiiittt banget ngeliat anak yg bahkan belum tau nama dia siapa.. tapi.. dia tau kalo disayang itu enak.. n dia cuma mau disayang..or at least.. dia mau diPELUK.. Awalnya agak mau komplain juga.. kenapa dia ga boleh digendong.. tapi ternyata.. semua anak di panti asuhan itu...kalau pun boleh digendong... ga boleh lama2.. istilahnya.. kalo mereka da kenal 'bau tangan' mereka akan minta digendong terus... kalo boleh saya simpulkan.. "PELUKAN ITU ADIKTIF".

Buat saya.. pengalaman yang 1 itu bener2 baru dan sangat menampar.. karena.. coba kalau kita bayangkan kita lahir..tumbuh..dan sampai sekarang ini benar2 tanpa 1 kalipun dipeluk.. so.. apa pelukan itu terdengar mahal sekarang?? jawabannya adalah 'YA' untuk saya..

Saat mau pulang kami foto bersama dengan 45 balita.. ada 1 yang digendong teman saya.. dan dia juga menangis histeris saat mau diturunkan dari gendongan... bahkan saat berpindah gendongan ke pengurus panti pun dia masih menangis seakan dia dipisah dari orang tuanya.. yg lagi2.. tangisannya menyayat hati.. yg sampai teman sayapun mungkin merasakan hal yg saya rasakan dengan anak yang di box tadi... What a lesson for me.. n kalo boleh.. for us... Selama ini saya cuma tau anak2 panti itu perlu bantuan makanan, pendidikan,uang jajan.. tapi mereka ternyata juga butuh sesuatu yang ga bisa dibeli... hhhh...