Percakapan di Dalam Mobil

Rabu, Juni 29, 2011

 "Udah mau genap 6 bulan ternyata. Cepat bener. Saya ngapain aja ya? Saya udah capai aja selama 6 bulan ini?".

Saya dan romo pemimpin biara sedang berada di dalam mobil menuju ke suatu tempat ketika saya mengatakan kalimat di atas kepada beliau.

Kalimat itu sebenarnya basa-basi. Tahu kan, Anda mulai kehabisan bahan pembicaraan padahal perjalanan masih jauh (dan diam sepanjang jalan agak tidak mengenakan)?

Dengan tersenyum beliau menimpali, "Jangan lupa, tanya juga, apa yang bisa saya syukuri selama 6 bulan ini ya?".

Adakalanya percakapan yang dimulai dengan basa-basi akan berakhir dengan sesuatu yang serius.

Apa yang bisa Anda syukuri dari 6 bulan ini?

P.S: Tadinya saya pengen bilang ke beliau, "Saya bersyukur bisa ketemu romo yang bijaksana". Tapi ntar dikira gombal lagi. Atau gak?