Devil is in the Detail ala Jepang (2)

Selasa, Juni 28, 2011
Seri ke-2 Devil is in the detail ala Jepang. Sebelum tiba di Jepang, saya mendengar kesan nyaris seragam dari mereka yang pernah berkunjung ke Jepang, "Bersih banget. Gak ada sampah berserakan kayak di Indonesia". Bagaimana orang Jepang memperlakukan sampah? Nah, di Indonesia, sampah kita bagi hanya atas dua kategori: kering dan basah. Di Jepang, bisa Anda lihat sendiri di bawah ini.

Lokasi: di dalam ruang makan rumah kami. Kategori sampah di Jepang adalah sebagai berikut:

Bisa baca pengumuman yang sebelah kanan? Gambar di bawah ini adalah tempat-tempat sampah (lagi) di garasi di samping ruang cuci pakaian.

Sampah dibuang menurut jenisnya pada hari yang telah ditentukan. Yang Anda lihat di bawah ini adalah kantong plastik untuk menampung dan membuang sampah. Biru, hijau dan merah. Merah untuk sampah yang bisa dibakar. Biru untuk sampah yang bisa didaur ulang. Dan Hijau untuk sampah yang tidak bisa/boleh dibakar dan didaur ulang. Kantong merah dibuang pada hari Selasa dan Jumat. Sementara hari Rabu giliran kantong hijau. Kantong biru mendapat giliran hari Kamis. 'Dibuang' itu maksudnya ditaruh di depan rumah dan mobil pengangkut sampah akan mengambilnya.