Pelajaran 2010

Jumat, Desember 31, 2010

Penulis favorit saya, Malcolm Gladwell, pernah bilang, "Otak kita sebenarnya tidak tahu persis apa yang lidah kita inginkan". Ia bicara soal selera makan kita.

Tinggal beberapa jam saja tahun 2010 akan berlalu. Pelajaran apa yang terpenting yang saya petik dalam tahun ini?

"Otak kita sebenarnya tidak tahu persis apa yang hati kita inginkan". Saya bicara soal pelajaran penting yang saya petik.

Anda tahu 'kan saran orang bijak 'Ikuti kata hatimu'; populernya, just follow your heart? Katanya, ikuti kata hatimu. Dan kebahagiaan, kepuasan batin dan (jika menyangkut pekerjaan) uang akan datang dengan sendirinya.

Saya mengikuti saran ini beberapa kali dalam tahun ini.

Surprise… Saya sebenarnya tidak tahu apa yang hati saya inginkan.

Contoh. Ada saat ketika saya meminta fasilitas ini dan itu untuk menunjang pekerjaan saya. Saya berharap bisa bekerja sama dengan si A dan si B. Saya mengajukan syarat ini dan itu sebelum saya memulai pekerjaan saya. Saya menuntut kemudahan ini dan itu. Bahkan pernah saya, dengan percaya diri, bernegosiasi soal pekerjaan seperti apa yang ingin saya kerjakan. Karena saya membayangkan, jika semua terpenuhi saya akan sukses. Saya percaya itulah panggilan hati saya. Saya yakin dalam situasi itulah segala potensi saya akan bertumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Permintaan saya dipenuhi. Semuanya, persis seperti yang saya inginkan. Fasilitas ini dan itu, pekerjaan idaman, orang-orang idaman. Dan seterusnya, dan seterusnya.

Ternyata otak saya tidak tahu persis apa yang hati saya inginkan.

Saya tidak betah. Kebahagiaan dan kepuasan batin tak kunjung datang.

Saya mulai mengeluh. Terus mengeluh. Hasil pekerjaan pun jauh dari baik. Saya menginginkan pekerjaan baru lagi… Mengajukan syarat baru lagi…

Tetapi, ada kalanya, ketika saya membiarkan diri diatur orang lain; ketika saya membiarkan hidup membawa saya ke situasi dan pekerjaan yang tidak saya pikirkan sebelumnya, kebahagiaan datang. Tidak serta merta datang memang. Tetapi datang. Kebahagiaan datang di tempat saya tidak memilihnya. Kebahagiaan datang dari orang-orang yang tidak saya inginkan sebelumnya.

Aneh…

Tapi nyata.

Selamat memasuki Tahun Baru. Semoga banyak kebahagiaan akan datang dalam hidup Anda.

Tuhan memberkati.