Kejutan di Pagi Hari

Sabtu, Desember 18, 2010

Seperti semua orang pada umumnya, saya selalu berdoa untuk kesehatan saya. Yahhh, kayak "semoga saya dikarunia kesehatan badan dan jiwa yang tetap….". Seperti itulah.

Dan, suatu pagi, ketika saya bangun, pergelangan kaki dan tangan saya membuat kejutan.

Di dunia ini ada dua jenis kejutan. Jenis pertama, kejutan yang benar-benar membuat Anda terkejut. Karena tidak ada tanda, bisikan, atau bocoran sebelumnya. Jenis kedua, kejutan yang memaksa Anda harus berpura-pura terkejut (agar si pemberi kejutan tidak kecewa dan jera merencanakan kejutan berikutnya).

Kejutan di pagi hari itu adalah kejutan jenis pertama.

"Pasti asam urat, frater". Begitu kata sebagian orang.

Dokter ahli penyakit dalam yang saya kunjungi kemudian membantahnya.

Setelah menulis resep obat yang harus saya minum, beliau, seperti juga dokter pada umumnya memberikan keterangan singkat dan padat tentang jangan ini dan itu dan harus begini dan begitu.

Jangan makan ini dan jangan minum itu adalah isi dari 'jangan ini dan itu'.

Olahraga teratur adalah bagian dari 'harus begini dan begitu'.

Dari pengalaman itu, saya akan mengatakan hal berikut ini dengan pasti: doa Anda minta kesehatan tidak akan berarti banyak jika tidak diikuti dengan makan dan olahraga teratur.

Percuma saja Anda meminta dalam doa tetapi tidak melakukan sesuatu.

Tuhan akan menunjukkan kepada Anda jawaban dari doa Anda. Dalam kasus saya, Tuhan menunjukkan dengan cara yang mengejutkan: pergelangan kaki dan tangan saya sakit minta ampun.

Dan ini tidak hanya berlaku untuk kesehatan.

Anda berdoa meminta kerukunan dan keharmonisan dalam rumah tangga tetapi tidak melakukan sesuatu untuk mengusahakannya, hati-hati. Tuhan akan mengizinkan 'kejutan' datang dalam hidup perkawinan Anda.

Saya tahu apa yang saya katakan barusan itu bukan lagi kejutan bagi Anda.

P.S: Kalaupun apa yang saya katakan itu kejutan, saya yakin kejutan yang Anda alami adalah kejutan jenis yang kedua. Oh, pergelangan kaki dan tangan saya baik-baik saja sekarang (emang ada yang tanya?). Oh, oh, saya sekarang bersepeda ke mana-mana (siapa tahu ada yang mau tahu olahraga saya apa).