Saya Tercatat Maka Saya Eksis

Kamis, Maret 19, 2009

Doa-doa harian (baik pagi, siang, sore maupun malam) tarekat kami Tarekat MSC selalu ditutup dengan seruan khas ini:

P. Santo Yosep, teladan dan pelindung para pencinta Hati Kudus Yesus

U. Doakanlah kami

Dalam Tarekat MSC, Santo Yoseph memang mendapat tempat yang istimewa. Karena itu sebagai seorang anggota MSC, pada perayaan Santo Yosep hari ini, saya ingin membagikan kepada Anda siapa sosok ini bagi saya. Saya belajar apa dari sosok ini?

Tahukah Anda kalau Yosep itu bisu?

Hehehe, bercanda.

Tapi kalau dibolak-balik seluruh halaman Kitab Suci tidak satu katapun yang keluar dari mulutnya yang tercatat di sana. Sama sekali tidak ada. Satu katapun! Kisah tentangnya pun begitu pendek. Kalau Kitab Suci kita itu bisa disamakan dengan film, Santo Yosep kebagian peran sebagai cameo. Hanya beberapa adegan, lalu menghilang. Tanpa keterangan, apapun.

Padahal adegan-adegan yang dimainkannya sungguh menentukan mulusnya jalan sejarah keselamatan. Syukurlah ada cameo bernama Yosep.

Kadang-kadang saya penasaran. Dengan peran semenentukan itu, bagaimana perasaan Yosep mendapati kenyataan bahwa kisah hidupnya begitu sedikit terekam?

Sewaktu terlibat dalam sebuah proyek penyusunan buku, penanggungjawab proyek berpesan pada saya, "Frater, jangan lupa pastikan kalau nama semua orang yang terlibat sudah tercantum dalam tim penyusun. Jangan sampai ada yang terlewatkan".

Semua orang ingin namanya tercantum. Di buletin, selebaran, koran, majalah, televisi, google, dan seterusnya. Dan dipercakapkan banyak orang. Kita semua ingin orang lain di luar sana tahu kalau kita terlibat dalam sesuatu yang besar dan berguna bagi banyak orang. Kita semua ingin menjadi terkenal. Kita itu berarti saya, Anda juga. Mottonya: saya tercatat maka saya eksis.

Dan lihatlah Yosep. Begitu bertolak belakang dengan pengalaman kita. Dengan peran yang sebegitu menentukkan, tidak satu katapun dari mulutnya yang tercatat. Sejarah hidupnya begitu singkat tercantum, seolah-olah dia tidak begitu penting untuk diingat.

Jadi, apa arti sosok kudus ini bagi saya?

Sederhana. Pekerjaan baik harus tetap dan terus dijalankan. Tidak penting tercatat atau tidak. Tidak menjadi soal dilacak google atau tidak.

Susah. Tapi masih terus saya perjuangkan.

Apa artinya Santo Yosep bagi Anda?