Hadiah dari Orang Tak Terduga

Kamis, Juli 07, 2011
Ohayou…”.

Aa… Aris-san, Ohayou…”.

Ikaga desuka?”

Gengki”.

Atsui ne?”

Ne…”.

Tiap pagi, di sekolah tempat saya kursus bahasa Jepang, saya dan seorang ibu yang bertugas di bagian cleaning service bertukar sapa. Tukar sapa kami standar saja: selamat pagi, bagaimana kabar, panas ya hari ini.

Biasanya, ketika saya tiba di sekolah beliau sedang mengepel lantai. Begitu saya menyapa, beliau akan berhenti lalu (sebagaimana lazimnya seorang Jepang) membungkuk sambil membalas sapaan saya. Dengan senyum lebar.

Beliau, di usia mungkin 50 atau 60 tahun, selalu kelihatan bahagia.

Setelah tegur sapa itu saya akan masuk kelas.

Senin, 04/07, setelah tegur sapa seperti biasa, beliau bertanya, “Aris-san, minggu lalu, tiga hari gak masuk sekolah ya?”.

Saya tersentuh.

Chotto matte” lanjutnya. (Tunggu sebentar).

Beliau lalu meninggalkan pekerjaannya, masuk ke ‘kantornya’ (maksudnya gudang tempat alat-alat kebersihan tersimpan) lalu keluar lagi sambil memegang amplop coklat.

Puresento” katanya, sambil menyerahkannya kepada saya.

Beliau tahu saya selalu mengendarai sepeda ke sekolah. Maka puresento (hadiah) dari beliau adalah secarik kain untuk mencegah keringat mengalir di leher.

Saya tidak bisa lebih tersentuh lagi.

Sekarang saya menduga-duga mengapa beliau selalu kelihatan bahagia: mungkin karena beliau suka membahagiakan orang lain.