Menonton Sekelompok Remaja Pria Menari Balet

Rabu, September 14, 2011

Benar.

Sesekali, dalam hidup ini, kita akan merasa ‘jalan di tempat’, tidak bergerak ke mana pun, tidak ada kemajuan sama sekali tetapi mundur pun tidak.

Kenyataannya adalah “You are never as stuck as you think” kata seseorang, entah siapa.

Di Nagoya, setiap kali merasa ‘tidak bergerak ke manapun’, saya akan menggerakkan fisik saya: mengayuh sepeda ke beberapa tempat favorit saya di kota ini.

Seperti malam ini.

Dan tebak apa yang saya temukan?

Sekelompok remaja putra sedang giat berlatih tarian yang gerakannya lebih mirip balet. Lincah namun gemulai.

Tidak, perasaan ‘tidak bergerak ke manapun’ itu tidak langsung hilang seketika hanya dengan menonton mereka meloncat ke sana-ke mari dengan gemulai.

Tetapi pelajaran penting adalah selalu tersedia beberapa pilihan.

Saya, misalnya, selalu punya gambaran yang jelas tentang mengisi masa remaja: sekolah, ekstrakurikuler, olahraga, main game.

Ternyata bisa juga diisi dengan membentuk kelompok balet—walaupun saya tidak sampai membayangkan diri saya menari balet.

“You are never as stuck as you think”.

Selalu tersedia beberapa pilihan.

SELALU.